Ilustrasi ecommerce

Ecommerce Enabler Indonesia – Semakin berkembangnya teknologi yang ada ini memudahkan masyarakat dalam memulai bisnis online dan menjadikan sebuah peluang bisnis yang besar. Namun jika sebuah bisnis hanya bergantung pada sebuah platform ecommerce saja akan membuat bisnis Anda tertinggal.

Sehingga terdapat ecommerce enabler yang dapat melancarkan bisnis Anda, seperti membantu pemasaran digital, manajemen toko resmi dan layanan pelanggan, maupun manajemen dan pemenuhan rantai pasokan.   

Apa itu E Commerce Enabler ?

Ecommerce enabler ini dapat dikatakan sebagai layanan strategi digital (end to end) ke unit bisnis lain yang ingin menjual produk secara online. Pihak enabler inilah yang akan membantu mengembangkan bisnis online Anda melalui berbagai platform ecommerce dan saluran online lainnya. 

Seperti strategi dalam melakukan eksekusi digital, optimalisasi platform, proses pengiriman produk, maupun proses pemesanan. 

Cara Kerja E Commerce Enabler

Secara umum, cara kerja dari ecommerce enabler Indonesia ini dikategorikan menjadi tiga model yaitu:

  1. Model Pengoperasian Umum

Biasanya pada layanan operasi yang disediakan oleh pihak enabler ini terdapat pengoperasian umum yang digunakan untuk mengelola toko online. Selain itu juga menyediakan layanan proses secara penuh. Namun adanya biaya pemasaran dan promosi ini akan ditanggung oleh brand Anda. Biasanya Anda akan mendapatkan pendapatan berupa fee dan komisi dari penjualan yang dilakukan. 

  1. Model Distribusi

Sedangkan model distribusi ini yaitu penyedia layanan akan membeli produk dari brand dengan dana mereka dan akan melakukan proses penjualan dengan mendirikan toko pada platform ecommerce. Barang tersebut akan dikirimkan langsung pada penyedia layanan secara partai dan penjualan sudah selesai. 

Makan Anda sudah tidak bertanggung jawab terhadap biaya pemasaran berikutnya, karena sudah menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan. Namun Anda bisa juga melakukan kolaborasi antar pihak brand dengan enabler. 

  1. Model Layanan Konten

Biasanya ecommerce enabler Indonesia ini juga akan menawarkan model layanan konten yang akan menjadi solusi perencanaan pemasaran pada produk maupun aktivitas tertentu. Namun pada model ini, biaya layanan akan dibebankan kepada Anda terkait pemasaran brand.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *