e-commerce

E-commerce saat ini menjadi salah satu pekerjaan impian untuk sebagian orang karena keuntungannya yang menjanjikan. Namun, untuk menjalankan suatu e-commerce diperlukan beberapa hal pendukung, di antaranya adalah logistik. Dalam E-commerce, logistik dibutuhkan untuk kelancaran aktivitas transaksi produk dan penyediaan produk. Dengan begitu, solusi logistik E-commerce perusahaan menjadi hal yang sangat dibutuhkan. 

Kegiatan Utama Logistik E-commerce 

  1. Processing

Dalam kegiatan ini, logistik dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sortir barang dan juga cross docking terhadap pertukaran kiriman.

  1. Transporting

Dalam kegiatan ini, logistik dibutuhkan untuk persiapan pengiriman barang baik dari perusahaan kepada pembeli, atau dari pusat pembuatan barang ke pusat pengirim barang.

  1. Delivery

Dalam kegiatan ini, logistik dibutuhkan untuk melakukan aktivitas pengiriman barang sampai ke alamat tujuan.

Untuk memaksimalkan kinerja logistik dalam bisnis e-commerce, dibutuhkan adanya solusi logistik E-commerce perusahaan agar kegiatan e-commerce bisa semakin berkembang dan maju dengan pesat. Hal ini penting untuk kepentingan banyak belah pihak yang terlibat.

Solusi Logistik Bisnis E-Commerce

  1. Standarisasi Pengirim Barang

Selain kecepatan respon dari penjual atau dari pihak e-commerce, kecepatan dan keamanan pengirim barang dalam mengirimkan barang ke alamat tujuan pembeli juga menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan melakukan standarisasi yang sesuai standar seperti SOP menjaga dan mengirim barang. Hal ini dikarenakan ada banyak kasus di mana pengirim barang sangat lalai dalam menjaga barang pembeli dengan baik.

  1. Koneksi Internet yang Cepat

Sehubungan dengan bisnis yang dijalankan adalah melalui elektronik dan jaringan internet, maka internet cepat menjadi poin utama dalam kegiatan e-commerce. Hal ini karena untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau dengan perusahaan lain, hal yang menjadi hambatan dalam berkomunikasi harus dihindari untuk kenyaman kedua belah pihak. 

  1. Alat pembayaran

Alat pembayaran yang sudah standar diterapkan dalam e-commerce adalah pembayaran melalui transfer antar bank, melalui dompet digital dan juga secara langsung atau sering disebut dengan COD (Cash on delivery). Dibanding dengan transfer antar bank, banyak orang yang lebih nyaman untuk melakukan pembayaran melalui dompet digital dan juga sistem COD, maka kedua hal ini perlu diterapkan dengan baik pada seluruh pebisnis e-commerce.

Itulah beberapa solusi logistik E-commerce perusahaan yang bisa menjadi salah satu faktor untuk mengembangkan dan memajukan bisnis e-commerce yang sedang dijalankan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *