Ilustrasi Social Ecommerce Platform

Perkembangan media social membuat penjualan melalui media ini terus meningkat secara signifikan. Social ecommerce platform menjadi pilihan tepat bagi para pebisnis yang ingin semakin mengembangkan bisnisnya. Jadi social media tidak hanya sekedar digunakan untuk berbagi pengalaman atau memperluas koneksi.  

Saat ini semakin banyak orang yang senang berbelanja langsung melalui social media. Ada beberapa platforms social media yang menawarkan social ecommerce yaitu sebagai berikut

Facebook

Platform social ecommerce yang pertama adalah Facebook. Nama Facebook sudah populer sejak lama dan menjadi tempat yang ideal untuk menawarkan produk karena dapat menjangkau banyak orang. Hal ini karena Facebook sangat terkenal dengan jumlah pengguna yang banyak. Dengan berjualan melalui Facebook, pebisnis memiliki banyak kesempatan menjaring lebih banyak pelanggan.

Sampai saat ini Facebook terus mengembangkan fitur untuk memudahkan penjualan online melalui platform mereka. Facebook juga telah terintegrasi dengan berbagai situs ecommerce, salah satunya adalah Shopify. Jika berjualan melalui platform ini, pebisnis dapat memanfaatkan beberapa pengukuran yang dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan efektivitas pemasaran.

Instagram

Instagram merupakan media sosial yang lebih fokus pada postingan visual dimana pengguna dapat berbagi foto dan video. Media social tersebut saat ini telah dilengkapi dengan fitur Instagram Shopping. Kehadiran fitur ini dapat memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk berbelanja. Instagram Shopping saat ini telah hadir di 70 negara dan akan terus bertambah. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur-fitur dasar di Instagram untuk memudahkan pemasaran.

Pinterest

Pinterest selama ini menjadi social media yang populer sebagai tempat untuk mencari inspirasi. Media sosial ini sudah mulai menyediakan fitur jual beli sejak tahun 2015 silam dengan fitur Buyable Pins. Pinterest sekarang telah menjadi salah satu social media yang sangat populer untuk berjualan online. 

Tidak sedikit internet marketer yang mencari social commerce strategy di Pinterest agar mendapatkan pelanggan lebih banyak. Platform ini sangat cocok untuk pebisnis yang ingin menjual produk secara internasional. Pengguna aktif global di Pinterest saat ini telah menjadi 250 juta. Pebisnis dapat mempromosikan pin, menentukan target audiens, dan keyword yang sesuai untuk meningkatkan traffic dengan tools yang tersedia.

Jumlah pengguna social media yang semakin banyak menjadi kesempatan yang bagus bagi para pebisnis untuk memperluas jangkauan pemasaran. Melalui social media, pebisnis dapat berinteraksi dengan konsumen secara lebih personal. Selain itu, sudah semakin banyak penyedia social media yang menghadirkan fitur berbelanja.

Kategori produk yang paling populer diminati di social ecommerce platform adalah kesehatan, kecantikan, fashion, dan barang elektronik. Jadi banyak brand dan pebisnis yang kini berlomba-lomba menawarkan produknya melalui social media. Bahkan pebisnis online yang sudah memiliki web pun ikut menawarkan produknya di social media.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *