kompor masak listrik

Seperti halnya dengan kompor gas, penggunaan kompor masak listrik untuk keperluan memasak di rumah juga tidak luput dari resiko bahaya. Namun, tentu saja dengan mengetahui resiko – resiko yang ada kemudian dapat dilakukan hal – hal untuk mencegahnya. Maka dari itu sebelum menggunakan kompor listrik perlu dipahami hal – hal yang dapat menjadi resiko berikut ini.

Kompor Listrik Juga Bisa Rusak

Kompor induksi tenaga listrik tentu saja juga dapat mengalami kerusakan di kemudian hari. Terkait dengan kerusakan yang mungkin terjadi itu sendiri ada hal – hal yang dapat mengarah ke hal tersebut. Salah satu yang penting untuk selalu diperiksa adalah kondisi kabel yang menjadi sumber masuknya arus daya ke unit kompor tersebut. Pastikan kondisinya selalu terjaga sehingga dapat selalu berfungsi dengan semestinya.

Selain itu harus selalu diperiksa juga bagian – bagian ventilasi atau keluarnya hawa panas dari pengoperasian kompor masak listrik. Seperti halnya perangkat listrik lainnya, ketika digunakan pasti akan menghasilkan hawa panas yang harus dibuang. Pastikan bagian – bagian tersebut selalu bersih dan tidak terhalang oleh benda – benda lainnya. Hal ini penting untuk memaksimalkan fungsi dan juga usia pakai dari unit kompor tersebut.

Pengguna Kompor Listrik Juga Bisa Lalai

Kebiasaan menggunakan kompor gas bukan tidak mungkin dapat membawa kelalaian ketika sudah menggunakan kompor masak listrik. Hal ini harus diperhatikan agar kompor tidak rusak padahal baru dipakai sebentar saja di rumah. Salah satu yang penting adalah untuk mencabut kabel daya listrik dari soket sumber listrik ketika kompor tidak digunakan. Hal ini akan mengurangi resiko kerusakan mesin kompor khususnya ketika tegangan listrik di rumah tidak stabil.

Kelalaian pengguna selanjutnya adalah meninggalkan peralatan masak beserta masakannya di atas kompor ketika sudah selesai memasak. Hal itu harus dihindari agar tidak memberikan beban berlebih yang terlalu lama pada permukaan kompor. Lalu, hindari juga meletakkan perlengkapan memasak seperti kain lap atau sendok – sendok di dekat atau bahkan di atas kompor. Minimal dengan memperhatikan hal – hal tersebut nantinya resiko bahaya dari kompor masak listrik tidak perlu dikhawatirkan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *