ilustrasi dish washing machine

Setiap peralatan atau mesin yang bertujuan meringankan pekerjaan manusia dan memberikan dampak positif bagi penggunanya tak hanya terdapat sisi kelebihan saja, termasuk dish washing machine. Selain memiliki beberapa sisi kelebihan, ada pun kekurangan dishwasher yang perlu anda cermati. Ada dua hal penting yang harus anda perhatikan jika anda menggunakan dishwasher. Simak ulasannya di bawah ini.

Pemakaian Sabun

Mencuci piring menggunakan dish washing machine memerlukan penggunaan sabun khusus untuk dishwasher yang diperuntukkan dalam penggunaan mesin. Karena sabun cuci piring biasa dapat menghasilkan busa terlalu banyak, hingga dapat merusak mesin. Perlu anda ketahui, karena sabun pencuci piring khusus dishwasher harganya lebih mahal dibanding sabun cuci piring pada umumnya.

Jika sumber air yang anda gunakan untuk mencuci adalah air sadah, pasti akan membuat piring dan gelas bernoda. Dan untuk menghindari sisa noda air tersebut pada peralatan gelas dan piring setelah pencucian, anda perlu menambahkan bahan pembilas, yang akan meningkatkan biaya pengoperasian mesin. Hal ini yang justru dapat memberikan efek negatif pada lingkungan.

Mengakibatkan Piring Rusak

Meskipun mencuci piring dengan menggunakan dish washing machine dapat mensterilkan piring dan peralatan makan lebih efektif dan lebih baik dibanding mencucinya secara manual. Namun, mesin tetaplah mesin yang memiliki kekurangan, terkadang kualitas dishwasher terbaik pun tidak dapat menghilangkan sisa – sisa makanan yang mengering. Sehingga anda pun harus mengulangi lagi, untuk mencucinya secara manual dengan spons, sabun, dan melibatkan tangan anda.

Selain itu, seperti yang anda ketahui jika peralatan seperti keramik, porselin, aluminium, pisau, parutan, teflon, panci, wajan, dan peralatan lainnya bisa rusak karena pencucian menggunakan dishwasher atau penyebab rusaknya dish washing machine itu sendiri. Dan, sebaiknya anda mencuci peralatan tersebut secara manual.

Itulah tadi sisi kekurang dari dishwasher yang sebaiknya anda juga ketahui. Namun, pada umumnya hal – hal tersebut sering dicantumkan pada buku manual dan petunjuk penggunaan. Pelajari dan pahami dengan seksama hal apa saja yang sekiranya penting, agar mesin cuci piring otomatis anda tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *