Ilustrasi Fungsi Hormon Reproduksi

Di dalam reproduksi wanita terdapat berbagai jenis organ, termasuk berbagai macam jenis hormon yang ada didalam tubuh. Ada 2 jenis yang dapat membantu sistem reproduksi pada wanita, yaitu hormon LH (Luteinizing Hormone), dan hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone). Keduanya berperan sangat penting didalam sistem reproduksi baik wanita maupun laki-laki. Berikut ini fungsi hormon reproduksi LH dan FSH tersebut:

  1. Mengetahui keberadaan hormon LH dan FSH

Semua hormon yang diproduksi di dalam tubuh berasal dari hipotalamus yaitu bagian kecil dari pusat otak yang terhubung dengan kelenjar pituitari. Kelenjar ini mempunyai peran untuk mengendalikan banyak fungsi vital dari dalam tubuh. Hipotalamus juga merangsang kelenjar endokrin yang dapat memproduksi banyak hormon, salah satunya hormon GnRH (gonadotropin releasing hormone) yang merupakan induk dari banyaknya hormon yang ada didalam tubuh, terutama hormon reproduksi pada pria dan wanita. Selama dalam fase produktif, kelenjar GnRH akan memberikan rangsangan pada kelenjar hipofisis untuk melepaskan hormon LH dan hormon FSH. Keduanya memiliki tugas yang hampir sama, bahkan seringkali bekerja sama dalam mengoptimalkan sistem dalam reproduksi pria dan wanita. Sehingga dapat disimpulkan fungsi hormon reproduksi FSH berfungsi dalam mengatur produksi sperma pada pria dan sel telur pada wanita, sedangkan hormon LH membantu FSH supaya siklus pada saat menstruasi berjalan normal serta menjaga fungsi pada testis selama masa reproduksi berlangsung. 

  1. Perbedaan fungsi hormon LH dan FSH pada sistem reproduksi wanita

Fungsi dari hormon LH dan FSH yang utama yakni memastikan siklus pada saat menstruasi dapat berjalan lancar dan normal setiap bulannya. Keduanya memacu pada pertumbuhan dan juga kematangan dari sel telur (folikel). Mulai dari pembentukan, lalu ovulasi ataupun pelepasan sel telur dari ovarium sampai masa menstruasi berakhir. Di awal menstruasi, kadar dari hormon FSH ini akan meningkat dan jumlah hormon LH akan menurun. Hormon FSH berfungsi merangsang sel telur dan memproduksi hormon progesteron dan estrogen. Folikel akan dimatangkan untuk mempersiapkan diri saat menjelang masa subur. Hormon-hormon tersebut membantu menebalkan pada jaringan dinding rahim wanita, hingga terjadi kehamilan. Itulah tadi perbedaan fungsi hormon reproduksi wanita dengan jenis hormon LH dan FSH. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *