kursus toefl

Wah, mau ikut kursus TOEFL karena ingi bisa lolos skor minimal TOEFL? Eits, sebelum ikutkursus, ketahui dulu jenis-jenis tes TOEFL ini agar tidak salah ambil tes. Yuk langsung saja ke inti pembicaraan !

Jenis-Jenis Tes TOEFL

  • Computer Based Testing (CBT) TOEFL

Namanya saja Computer Test, jadi tes ini diadakan menggunakan media komputer. Jenis tes TOEFL yang satu ini merupakan bentuk praktis dari tes berbasis kertas dan baru dimulai di Indonesia pada tahun 1998.

Anda akan diminta mengerjakan soal yang ditampilkan pada layar komputer menggunakan software interaktif. Anda dapat langsung mengerjakannya di sana. Penilaian pada jenis tes ini ada pada kisaran angka 0 – 300.

Anda akan diminta mengerjakan 4 bagian tes, yaitu listening, structure, reading, dan yang terakhir adalah writing dalam waktu 2 s/d 2,5 jam.

  • Paper Based Test (PBT) TOEFL

Jenis tes TOEFL yang ini merupakan jenis tes yang paling konvensional. Tes ini berbasis kertas. Biasanya lembaga Kursus TOEFL mengadakan simulasi menggunakan jenis tes ini. 

Anda akan diminta menjawab soal tes TOEFL menggunakan lembaran kertas yang telah disediakan. Anda wajib mengisinya menggunakan pensil 2B

Pada jenis tes TOEFL PBT, anda akan disajikan tiga bagian pertanyaan tes yaitu te part listening, structure, dan part writing. Anda akan diberi waktu 3 jam. Skor tes ini adalah 310 s/d 667.

  • Internet Based Test (IBT) TOEFL

TOEFL IBT juga disebut dengan  next generation TOEFL (NGT). Ini merupakan bentuk terbaru dari tes TOEFL, yakni dengan menggunakan teknologi Internet. Tes ini baru di mulai tahun 2006 di Indonesia.

Materi yang diujikan masih sama dengan materi tes TOEFL yang lain, yaitu reading, writing, listening, dan speaking.

Pada jenis tes ini, anda tidak akan menghadapi soal tes individu tetapi juga soal tes kombinasi. Skor penilaian untuk jenis TOEFL ini ada pada kisaran 0 – 120. Anda akan diberi waktu 4 jam untuk bisa menyelesaikan IBT TOEFL. 

Anda bisa belajar TOEFL online atau ikut kursus TOEFL agar bisa lolos dan terbiasa mengerjakan soal TOEFL IBT dalam kisaran waktu yang disediakan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *