jenis kertas yang digunakan untuk kartu undangan pernikahan

Kertas kartu undangan pernikahan adalah media dalam menampilkan sebuah desain undangan yang baik pada pesta pernikahan. Pastikan bahan atau jenis kartu undangan bisa menghasilkan desain yang baik, seperti: tidak gampang luntur, memiliki tekstur yang baik hingga tidak mudah lecek. Sehingga saat tertindih maupun terlipat undangan masih bisa terlihat dengan baik. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. Kertas concorde

Kertas ini memiliki ciri pada permukaan yang memiliki serat penuh dan tidak beraturan. Sehingga kertas ini seringkali digunakan sebagai amplop karena teksturnya yang tebal. Namun beberapa jenis dari kertas ini tipis dan digunakan sebagai kertas sertifikat. Oleh karena itu yang sering digunakan sebagai undangan adalah jenis yang tebal, dengan sifatnya yang kaku namun tetap menghasilkan kesan elegan dan mahal.  

  1. Kertas linen

Kertas ini umumnya digunakan untuk membuat kartu nama, sehingga seringkali digunakan dalam pencetakan foto maupun sertifikat. Jenis kertas yang memiliki tekstur kasar hingga menimbulkan motif garis-garis tipis pada kertas. Untuk Anda yang ingin membuat kartu undangan pernikahan yang unik bisa memilih kertas ini. Apalagi kertas ini sangat cocok untuk metode pencetakan digital maupun lainnya. Kertas ini mirip seperti kertas buffalo sehingga kesan yang ditimbulkan mewah dan tetap elegan dengan berat antara 150-230 gram.

  1. Kertas Jasmine

Kertas ini merupakan jenis yang paling umum digunakan dalam membuat undangan secara cetak. Apalagi warna dan tekstur dari undangan ini yang menghasilkan kesan mewah dengan warna glitter didalamnya. Harga yang dipatok dari undangan ini juga terjangkau, namun hasil akhirnya tetap eksklusif dan terlihat mahal. Meskipun memiliki tekstur yang halus namun saat terkena cahaya akan terlihat berkilau. Sehingga cocok untuk undangan resepsi pernikahan. 

Hal tersebut bisa didukung dengan  desain yang elegan dan baik, Anda bisa membuat undangan yang menggambarkan kepribadian sang pengantin. Apalagi wanita yang umumnya memiliki sifat lemah lembut dan penyayang. 

Demikian penjelasan mengenai jenis kartu undangan pernikahan yang bisa Anda pilih saat membuat undangan dalam acara resepsi nantinya. Semoga penjelasan diatas bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *