Ilustrasi rumah

Istilah kredit pemilikan rumah (KPR) sering didengar berhubungan dengan pembelian rumah tapak apapun jenisnya. Mengapa rumah tapak, karena untuk hunian vertikal seperti apartemen memiliki istilah yang berbeda yaitu kredit pemilikan apartemen atau KPA yang mungkin sistem sedikit sama. Sehingga, bagi Anda yang sudah melalui proses tersebut pastinya mengetahui hal ini.

Pengertian Kredit Pemilikan Rumah 

Sebelum melangkah lebih jauh yang berhubungan dengan kredit pemilikan rumah ini, Anda harus paham dulu pengertian dari KPR tersebut. KPR merupakan cara pembayaran dari pembelian sebuah properti rumah tapak yang dilakukan secara kredit melalui sebuah bank setiap bulannya. Pembayaran kredit tersebut pastinya memiliki syarat dan ketentuan yang harus diikuti oleh pembeli agar pengajuannya diterima.

Fakta Penting Tentang KPR

Jika Anda sudah mengerti dan memahami pengertian dari KPR tadi, maka ada beberapa fakta penting yang harus Anda ketahui mengenai KPR tersebut. Fakta yang berkaitan dengan KPR adalah:

  1. Berhubungan dengan Developer

Seperti yang diketahui bahwa KPR merupakan sebuah pembayaran dalam rangka membeli sebuah rumah tapak. Maka, hal ini pastinya berhubungan dengan developer atau pengembang perumahan tertentu. Biasanya para developer menjual dan menawarkan produk propertinya lengkap dengan cara pembayarannya, misalkan melalui tunai atau cash, cash keras tunai dan ada cicilan dan juga KPR atau kredit dan mencicil. Tinggal Anda sebagai konsumen untuk memilih.

  1. Bekerjasama dengan banyak Bank

Pengajuan KPR ini memang sudah seharusnya bekerjasama dengan sebuah bank. Namun, bank yang diajukan kadang bisa ditentukan oleh developer karena hanya bekerja sama dengan beberapa bank saja ataupun tergantung dari konsumen sendiri. Seperti contohnya untuk pembelian rumah subsidi biasanya kebanyakan hanya menggunakan satu bank yaitu BTN.

  1. Memiliki Beberapa Syarat

Dalam mengajukan KPR sudah pasti harus memenuhi persyaratan terlebih dulu. Sehingga, tidak sembarangan orang yang bisa mengambil dengan seenaknya begitu saja. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan, atau Anda tidak memberikan persyaratannya yang diminta maka pengajuan Anda pasti ditolak.

  1. Diawali Booking Fee dan Memiliki Bunga

Fakta penting terakhir yang juga perlu diketahui seorang konsumen seperti Anda adalah pengajuan KPR diawali dengan booking fee atau pembayaran sementara untuk mem-booking satu produk agar diketahui produk tersebut sudah  Anda ambil meskipun belum mulai melakukan pembayaran yang sebenarnya. Selain itu, KPR ini juga akan memiliki bunga setiap bulannya saat Anda mulai mencicil.

Semua fakta tersebut harus Anda pahami dengan jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan Anda juga tidak kaget setelah melakukan pengajuan kredit pemilikan rumah ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *