Ilustrasi adcp survey untuk analisa arus laut

Menggunakan alat ADCP survey sudah diakui hasilnya yang lebih akurat dan maksimal dalam mendapatkan data yang tepat dan lengkap. Walaupun dalam melakukan pengukuran gelombang dan arus laut diperlukan tenaga ahli pengukur yang profesional dan berpengalaman serta memiliki keahlian dalam bidang pengukuran dan penggunaan alat ADCP, berikut ini beberapa keuntungan jika menggunakan alat ADCP dalam pengukuran gelombang dan arus laut.

Kepekaan Tinggi

Menggunakan alat ADCP bisa menjamin dapat menerima data dengan baik dan menghasilkan kualitas hasil data yang akurat karena mempunyai kepekaan yang tinggi terhadap sensor tekanan dan gelombang ketika disimpan di kedalaman laut tertentu. Alat ADCP juga mempunyai dasar yang dilengkapi dengan sensor tekanan dengan fungsi untuk mengukur data rata-rata pasang surut kedalaman air laut. Sensor tersebut memiliki kepekaan yang tinggi dan berpengaruh pada keakuratan data gelombang.

Produk Sederhana

Alat adcp walaupun hanya bisa digunakan oleh tenaga profesional mempunyai bentuk yang cukup sederhana dan praktis untuk digunakan. Misalnya alat ini bisa digunakan untuk bekerja di kapal dan sudah ditambahkan dengan bottom tracking tersinkronisasi dengan gps yang biasanya digunakan untuk mengukur arus ketika berada di dalam kapal. 

Resiko Kerusakan Kecil

Biasanya alat ADCP Survey dipasang pada bagian bawah kapal untuk mengambil data profil arus yang dipasang secara permanen atau bisa juga dipasang pada permukaan laut untuk mengukur arus laut di tempat-tempat tertentu. Biasanya alat dipasang dan ditempatkan di lokasi-lokasi yang cukup aman serta memiliki tambatan kuat apalagi jika dipasang pada bagian bawah kapal secara temporal.

Kualitas Perhitungan Tinggi

Karena sudah dilengkapi dengan ADP atau Acoustic Doppler Profiler alat ADCP mempunyai performa yang cukup tinggi dan bisa dipastikan hasilnya sangat akurat untuk mengukur gelombang dan arus laut. Alat ADCP juga sudah menjamin perhitungan kecepatan 3D bahkan hingga mencapai kedalaman spesifik mencapai 220 meter.

Dari keuntungan menggunakan alat ADCP Survey di atas memang terlihat jelas bagaimana manfaat dari pengambilan serta pengumpulan data gelombang dan arus laut menggunakan ADCP yang bisa mendapatkan hasil akurat. Untuk pengoperasian alat ADCP juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan dapat dioperasikan secara fleksibel tergantung kebutuhan data yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *