Ilustrasi atap zincalume

Atap zincalume yang sudah lama memang akan berkurang performanya seiring berjalannya waktu. Namun Anda perlu juga mengetahui harga atap zincalume. Selain itu salah satu masalah yang biasanya terjadi adalah atap yang bocor saat musim hujan tiba. Berikut 3 cara yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki atap zincalume, yuk baca!

  1. Memperbaiki posisi atap zincalume

Meskipun atap zincalume sebenarnya tidak mudah untuk bocor, tetapi akan selalu ada kemungkinan hal tersebut terjadi dan salah satu penyebabnya adalah kesalahan pada saat pemasangan. Jika ini menjadi penyebab atap Anda mengalami kebocoran, segera perbaiki posisi atap yang keliru.

Berat atap zincalume termasuk ringan sehingga Anda dapat membetulkannya sendiri. Pastikan posisi atap sesuai dengan posisi kemiringan hunian milik Anda sehingga tidak akan ada celah yang terbuka sehingga menyebabkan air masuk ke dalam rumah dikemudian hari.

  1. Memasang ulang atap agar tepat pada posisinya

Apabila Anda ingin menghindari kerusakan lainnya karena tidak dapat memperbaiki posisi atap, Anda dapat mencari bantuan tukang untuk memasang ulang atap zincalume. Pilihan ini dapat menjadi solusi yang mudah dan murah ketimbang Anda harus memperbaikinya sendiri dan justru membuat kesalahan yang menjadikan biaya kerusakan bertambah banyak.

Saat memutuskan untuk memasang ulang atap zincalume, pastikan ke tukang untuk memeriksa detail atap zincalume, jarak antar atap, dan hindari posisi atap yang terbalik. Perhatikan juga saat melakukan penyambungan atap karena apabila terlalu sedikit sambungan, hal itu dapat menyebabkan kebocoran lagi. 

  1. Menggunakan cat waterproof atau menambal atap yang bocor

Jika masalah kebocoran atap Anda bukan disebabkan oleh posisi atap zincalume yang tidak tepat, maka asumsi terakhir adalah kurangnya perawatan pada penutup atap zincalume. Lamanya usia atap bisa mengakibatkan atap berlubang terlebih jika tidak dirawat atau pernah tertimpa benda keras.

Anda dapat membeli lakban atau lem khusus untuk memperbaiki atap bocor. Namun sebelum menambalnya dengan lakban atau lem, sebaiknya Anda membersihkan terlebih dahulu area yang rusak. Selain kedua benda tadi, Anda juga dapat menggunakan cat yang waterproof apabila kerusakan yang terjadi tidak cukup parah atau hanya merembes saja. Jangan lupa untuk mencari tahu harga atap zincalume sebelum Anda membelinya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *