Kopi

Jangan Khawatir! Beginilah Cara Memilih Mesin Espresso yang Tepat Digunakan

Gambar mesin espresso sedang beroperasi

Jika anda pecinta kopi atau ingin membuka bisnis coffee shop, anda harus memahami terlebih dahulu bagaimanakah cara memilih tempat jual mesin espresso yang baik agar dapat berfungsi sesuai kebutuhan. Untuk itu, mari simak artikel ini sampai akhir!

Bahan yang Digunakan

Sebelum melihat fitur – fitur lainnya, yang perlu diperhatikan paling utama adalah bahan yang dimiliki mesin espresso tersebut. Biasanya, mesin yang terbuat dari bahan padat akan lebih awet dan tahan lama, seperti stainless steel. Sedangkan, bahan yang terbuat dari plastik biasanya memiliki ketahanan fisik yang kurang. Oleh sebab itu perlu dipastikan kembali dengan tempat yang jual mesin espresso tersebut.

Double Boiler dan Heat Exchanger

baik Double Boiler maupun Heat Exchanger dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing pengguna. Jika Double Boiler memiliki dua boiler pada mesinnya, maka Heat Exchanger hanyalah memiliki satu boiler pada mesin. Meskipun Heat Exchanger hanya memiliki satu boiler, namun ia dapat menyajikan kopi secara konsisten. Diantara keduanya, yang pertama kali muncul adalah Heat Exchanger dan digunakan oleh barista – barista yang sudah terlatih. 

Water Pump

Tingginya tekanan air yang digunakan, tidak menjamin seduhan kopi menjadi lebih nikmat. Sehingga, banyaknya water pump yang digunakan pada bagian mesin espresso ini bukan menjadi tolak ukur dalam menyajikan espresso. Dalam menentukan water pump, anda bisa menyesuaikannya dengan keahlian anda atau barista – barista anda dalam menggunakan mesin. 

Daya Listrik dan Sistem Pemanas

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah berapa besar daya listrik yang akan digunakan oleh mesin tersebut. Hal ini juga harus dipertimbangkan terlebih dahulu dengan besar daya yang dimiliki pengguna. Sedangkan, sistem pemanas air yang tersedia pada boiler biasanya juga akan lebih hemat jika menggunakan gas daripada menggunakan listrik. 

Negara Produksi

Akan lebih baik, anda dapat memilih tempat jual mesin espresso terbaik yang berasal dari Italia. Hal ini dikarenakan negara Italia merupakan negara paling pertama yang menyajikan espresso. Biasanya juga, mesin espresso banyak diciptakan di Eropa. Hingga saat ini, mesin yang terkenal dan paling populer yaitu berasal dari Belanda dengan merk Kees van der Westen.

Nah, dengan cara – cara memilih mesin espresso di atas, jangan sampai kalian salah memilih ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *